Colour Code

Kode warna tabung pemadam kebakaran.

Apa itu Colour Code?

Color Code adalah kode warna atau identitas warna pada tabung alat pemadam kebakaran. Setiap tabung pemadam kebakaran memiliki kode warna masing-masing, yang bertujuan untuk mengidentifikasi jenis bahan pemadam yang terkandung di dalam tabung pemadam kebakaran tersebut.

Standarisasi pada versi sebelumnya, masing-masing seluruh badan tabung pemadam api diberi warna yang berbeda-beda menyesuaikan dengan jenisnya. Tetapi British Standard EN3: Bagian 7, menerbitkan aturan baru yang mensyaratkan bahwa seluruh sisi badan tabung pemadam api harus berwarna merah.

Pada bagian dalam atau bisa juga pada bagian atas label petunjuk cara penggunaan, diberi blok zona warna. Sebagai identitas untuk mengidentifikasi jenis tabung pemadam. Blok zona warna harus berada tepat dibagian depan tabung pemadam, agar dapat terlihat jelas dengan sudut pandang 180° saat tabung pemadam api dalam keadaan terpasang.

Standarisasi terbaru yang diterapkan saat ini adalah BS EN3 Part 7: "Characteristics, Performance requirements and Test Methods”.

Kode Warna versi sebelumnya [British Standard-5423]

Water

Powder

Foam

Halon

CO2

Kode Warna versi terkini [BS EN3 & BS-7937]

Water

Powder

Foam

AF-36

Wet Chem

CO2

Type

BS 5423

BS EN3

Water

Merah

Badan tabung warna merah

Powder

Biru

Badan tabung warna merah

blok biru diatas label

Foam

Cream

Badan tabung warna merah

blok cream diatas label

CO2

Hitam

Badan tabung warna merah

blok hitam diatas label

Halon

Hijau

Produksi dihentikan.

Clean Agent

-

Badan tabung warna merah

blok hijau diatas label

Wet Chemical

-

Badan tabung warna merah

blok kuning di atas label

Mengidentifikasi jenis kandungan tabung alat pemadam kebakaran dapat dilakukan dengan cara melihat identitas warna seperti ilustrasi gambar di atas.

Tabung alat pemadam api model lama tidak boleh dicat merah supaya bisa memenuhi standarisasi yang baru, karena hal ini akan melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh British Standard EN3.

Setiap produsen atau distributor tabung pemadam umumnya mewarnai seluruh badan tabung pemadam kebakaran dengan warna merah dan hanya memberi label merk untuk mengidentifikasi jenisnya.

Ada juga yang memberi blok zona warna hanya pada di bagian depan tabung pemadam dan ada juga yang memberi blok zona warna melingkari diameter badan tabung, alasannya karena dapat dilihat dari sudut manapun untuk mengidentifikasi kandungan jenis isinya.

Ilustrasi pengertian blok zona warna pada label tabung pemadam.

Tabung alat pemadam kebakaran terbaru STARVVO® telah diproduksi sesuai dengan kode warna Standard BS EN3.

Pemberian kode warna harus mengacu pada rekomendasi dari British Standard 7863. Tabung alat pemadam api, jika pemeliharaan dan perbaikannya dilakukan dengan benar, maka diperkirakan masih dapat terus digunakan hingga 20 tahun.

Kalau kamu punya tabung pemadam model lama dan tabung model baru, meski memiliki kode warna yang sama, usahakan peletakannya jangan dicampur ya. Biar pengguna yang belum diberi arahan atau pelatihan tidak kebingungan dengan perbedaan kode warnanya.

Yang dimaksud dengan peletakannya jangan dicampur yakni:

  1. Bangunan 1 lantai, jangan meletakkan tabung pemadam model lama dan model baru di lokasi yang sama atau di dalam 1 ruangan yang sama.

  2. Bangunan lebih dari 1 lantai, jangan meletakkan tabung pemadam model lama dan model baru di 1 level lantai yang sama.